Kamis, 15 September 2011

Perpindahan Panas Konveksi

KONVEKSI


Perpindahan panas konveksi atau ilian terjadi antara permukaan dengan fluida yang mengalir apabila keduanya pada temperatur yang berbedaKetika fluida melaju melalui benda padatdan dengan temperatur yang berbedaperpindahan kalor terjadi diantara fluida dan permukaan padat sebagai hasil dari pergerakan fluida.


  • Jika pergerakan fluida disebabkan oleh mekanisme dari luar secara paksa seperti oleh blower, pompaatau fan, mekanisme laju kalor dapat dikatakan sebagai konveksi paksa (forced convection).
  • Jika pergerakan fluida dikontrol sebagai hasil dari perbedaan massa jenis yang disebabkan oleh perbedaan temperatur diantara fluidamekanisme dari laju kalor dapat dikatakan sebagai konveksi bebas/natural (free/natural convection).


Suhu plat ialah Tw , dan suhu fluida TKecepatan aliran u adalah seperti tergambar di atas, yaitu nol pada muka plat sebagai akibat aksi kental viskos (viscous action). Oleh karena kecepatan lapisan fluida pada dinding adalah nol, maka di sini kalor hanya dapat berpindah dengan cara konduksi saja.

q adalah fluks kalor (dalam watt/m2) dari dinding ke dalam fluidaKemudian koefisien h didefinisikan sebagai :





dimana Q adalah laju aliran kalor (Watt).

Catatan:
Kita dapat melakukan perhitungan analitis atas h untuk beberapa sistem. Untuk situasi yang rumit h harus ditentukan dengan percobaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar